Manfaat dan Khasiat Tumbuhan Sarang Semut Sebagai Obat Kanker dan Tumor

Wednesday, March 24, 2010


Ternyata di dalam hutan Papua yang eksotis terdapat berbagai macam tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah tumbuhan Sarang semut. Selain terkenal dengan tanaman yang sebelumnya telah eksis di dalam dunia kesehatan yaitu buah merah yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit ternyata tumbuhan sarang semut pun mempunyai khasiat yang tidak kalah dari buah merah. Tumbuhan ini memiliki banyak kemampuan dalam menyembuhkan penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai berat, seperti wasir, tukak lambung, mimisan, sampai ke tumor, kanker, jantung dan asam urat. Bahkan tumbuhan epifit ini mampu memperlancar ASI, memulihkan kondisi tubuh setelah bersalin, menaikkan gairah seksual, mengobati maag dan TBC. Banyak yang heran mengapa tumbuhan ini begitu berkhasiat, bagaimana cara kerjanya dan apa yang terkandung di dalamnya.
Sarang semut yang kita bahas bukanlah sarang yang dibuat oleh semut yang membentuk lubang-lubang di tanah atau tempat-tempat lain, namun ini adalah tumbuhan epifit (menempel pada tumbuhan lain yg lebih besar tetapi bukan parasit) yang batangnya menggelembung besar dimana di dalamnya banyak terdapat ruang atau rongga kecil yang dihuni semut.

Tumbuhan sarang semut (myrmecodia jack) banyak tumbuh di Malaysia, Filipina, Kamboja, Sumatra, Kalimantan, Jawa, Papua, Papua Nugini, Cape York sampai ke Kepulauan Solomon. Di Papua populasi sarang semut sangat banyak karena daerahnya sebagian besar adalah dataran tinggi, tempat yang tepat bagi tumbuhan sarang semut untuk berkembang biak, yaitu di atas 600 mdpl (meter di atas permukaan laut). Satu tumbuhan sarang semut selalu dihuni oleh satu jenis semut. Tercatat, ada 26 jenis tumbuhan sarang semut. Dan tumbuhan sarang semut yang dipakai untuk pengobatan adalah spesies myrmecodia pendens. Jenis ini banyak tumbuh di daerah Wamena, Papua.
Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ir. M. Ahkam Subroto M.App.Sc., seorang peneliti yang setia meneliti tumbuhan sarang semut untuk kesehatan manusia, tumbuhan ajaib ini memiliki kandungan senyawa kimia dari golongan flavonoid dan tanin. Banyak peneliti lain juga telah mendapati adanya kandungan kimia tersebut. Zat-zat tersebut dibutuhkan tanaman ini untuk menjadi bagian dari sistem pertahanan dirinya terhadap serangan dari luar.
Flavonoid adalah jenis senyawa bahan alam yang merupakan bagian dari senyawa fenolik, yang banyak membentuk pigmen tumbuhan. Bagi tubuh manusia, flavonoid adalah zat yang dibutuhkan untuk diet kesehatan. Tubuh membutuhkan flavonoid sebagai antioksidan yang sangat berguna mencegah kanker. Dengan adanya flavonoid di dalam tubuh, banyak struktur sel terlindungi. Bila dipadukan dengan vitamin C, flavonoid bermanfaat untuk meningkatkan kinerja vitamin C, mencegah keropos tulang, berfungsi sebagai antibiotik dan antiinflamasi.
Flavonoid juga terbukti dapat mengganggu efektivitas mikroorganisme, sehingga dapat dijadikan sebagai antivirus, seperti virus HIV (penyebab penyakit AIDS) dan herpes. Flavonoid juga dapat mencegah dan mengobati asma, katarak, diabetes, encok (rematik), migren, wasir, dan radang jaringan ikat penyangga akar gigi, serta sebagai pencegah dan mengobati kanker.
Karena itu, tumbuhan sarang semut memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai jenis kanker atau tumor, tuberkulosis, serta encok (rematik) karena tumbuhan ini mengandung flavonoid. Selain itu, tumbuhan sarang semut mengandung zat lain, yaitu tanin.
Tanin biasa dipakai untuk menyamak kulit. Tanin juga bisa berfungsi untuk mengobati diare, menghentikan pendarahan, mengobati wasir dan mimisan. Karena mengandung tanin, tumbuhan sarang semut terbukti dapat mengobati wasir dan mimisan.
Selain itu, tumbuhan epifit ini juga mengandung antioksidan tokoferol (vitamin E) dan beberapa mineral lain seperti kalsium, natrium, kalium, seng, besi, fosfor dan magnesium. Manfaat kalsium bagi tubuh sangat besar, karena kalsium dapat membantu kinerja jantung, denyut saraf, dan membantu proses pembekuan darah. Zat besi bermanfaat untuk membentuk hemoglobin, mengirim oksigen ke semua bagian tubuh dan memicu produksi enzim. Fosfor berguna untuk menyerap kalsium dan memproduksi tenaga.
Natrium berperan menjaga keseimbangan elektrolit, volume cairan tubuh dan impuls saraf. Kalium adalah zat dibutuhkan untuk membantu ritme kerja jantung, impuls saraf dan keseimbangan asam basa. Keberadaan seng berguna untuk sintesis protein, fungsi seksual, penyimpan insulin, metabolisme karbohidrat dan menyembuhkan luka. Lalu magnesium bermanfaat untuk membuat tulang, hati, dan otot, berfungsi baik.
Tidak heran, karena memiliki segudang mineral, tumbuhan sarang semut memiliki kemampuan untuk membantu mengatasai berbagai macam penyakit, yaitu:
- Penyakit atau gangguan jantung
- Berbagai jenis kanker dan tumor
- TBC
- Wasir
- Mimisan
- Ginjal
- Maag
- Keputihan
- Melancarkan peredaran darah
- Migren
- Prostat
- Encok (rematik)
- Asam urat
- Membantu memulihkan kesegaran tubuh
- Meningkatkan gairah seksual



3 comments:

Irwan Anugrah ZD said...

nice artikel,
kunjungi juga =======> http://jiwapedulikesehatandanpendidikan.blogspot.com/

dapatkan E-Book peninggi badan seharga Rp. 300.000, gratis di blog http://jiwapedulikesehatandanpendidikan.blogspot.com/

Jari said...

bermnafaat sekali ya sarang semut ini untuk mengatasi kanker dan tumor.

Febryan Paudi said...

Jual sarang semut aslil papua di sini....


http://berkhasiat.web.id/jualan/sarang-semut-papua-hesapua/

atau kunjungin situs www.berkhasiat.web.id

Atau langsung pesan sarang semut papua secara online ke 0813-80-262524 (Ryan) -- SMS/WhatsApp/Telegram/Line

Post a Comment

 
Theme by New wp themes | Bloggerized by Dhampire