Manfaat Buah Markisa

Tuesday, March 9, 2010


Selain rasanya yang lezat, ternyata banyak terkandung manfaat yang menguntungkan bagi tubuh kita di dalam buah markisa. Tanaman Markisa bukanlah tanaman asli Indonesia, tetapi merupakan tanaman yang berasal dari Luar Negeri Amerika Selatan yaitu Negara Brasil, yang menyebar sampai ke Indonesia. Di negara asalnya Markisa tumbuh liar dihutan-hutan basah yang mempunyai ratusan Species Passiflora.
Tanaman markisa telah dikembangkan di beberapa propinsi terutama di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung dan Sulawesi Selatan.
Budidaya markisa dapat dikembangkan dalam pola kemitraan terpadu antara petani baik yang tergabung dalam kelompok tani atau koperasi dengan perusahaan pengolahan buah markisa sebagai perusahaan inti. Peluang pasar buah markisa dan hasil olahannya sangat besar baik didalam negeri maupun luar negeri. Permintaan semakin meningkat sedangkan produksi tidak dapat mengimbanginya.
Di Indonesia terdapat 4 (empat) jenis Markisa yang dibudidayakan :
1.Markisa Ungu (Passiflora edulis var. edulis)
2.Markisa Konyal (Passiflora lingularis
3.Markisa Kuning (Passiflora edulis var. flavicarpa).
4.Markisa Erbis ( Passiflora quadrangularis).
Markisa ungu ini banyak dikembangkan di Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian 800 – 1.500 m diatas permukaan laut. Tanaman markisa diperbanyak dengan stek dan teknik sambungan. Sistem rambatan yang dianjurkan adalah dengan tanaman hidup termasuk pucuk bambu tanpa menggunakan kawat.

Banyak sekali manfaat buah markisa bagi kesehatan. Ini terkait dengan kandungan nutrisinya dan manfaat buah markisa yang berkhasiat sebagai pereda nyeri, anti-kejang, kolitis, penenang, dan antiradang. Gangguan seperti sembelit, disentri, insomnia, gangguan haid, batuk, serak, tenggorokan kering juga bisa dihalau dengan buah ini. Daging buah markisa digunakan untuk merilekskan saraf saat sakit kepala, meredakan diare, dan neurastenia (kelelahan kronis, lemah, tidak nafsu makan, tidak bisa konsentrasi, dan susah tidur).
Penelitian invitro di University of Florida juga mendapati bahwa ekstrak buah markisa kuning banyak mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker. Fitokimia tersebut antara lain polifenol dan karotenoid. Kandungan fitokimia yang lain dalam markisa adalah harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin. Sedangkan kandungan gizinya antara lain: energi, lemak, protein, serat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat, dan asam sitrat.

Manfaat-manfaat markisa :
1.Markisa membuat lebih mudah tidur
Markisa kaya vitamin-vitamin B yang menenangkan dan potassium yang merilekskan system syaraf. Orang-orang Amerika Selatan secara tradisional makan markisa untuk membantu tidur. Bahkan menurut mereka, makan 1 buah markisa sebelum tidur bisa membuat mimpi indah.
Markisa mempunyai khasiat untuk menyembuhkan gejala alergi kronis. Juga pemulihan kondisi pasien liver dan ginjal, serta memicu peningkatan kekebalan tubuh dan kekuatan antibodi dalam darah. Bahkan, markisa juga mampu menyaring, memisahkan, dan membuang racun dari dalam tubuh. Selain itu, bisa meningkatkan kesegaran kulit tubuh dan merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah. Dari hasil penelitian laboratorium, markisa mengandung vitamin C dosis tinggi dan antioksidan.

Buah Markisa kaya vitamin khususnya vitamin C dan vitamin A.Passiflorance yang dikandungnya berkhasiat untuk mengendorkan urat syaraf.Selain dikonsumsi dalam keadaan segar juga bisa diolah menjadi sari buah.Sari buah Markisa memiliki aroma yang keras dan khas dengan rasa yang asam.Jika ditambah pemanis(gula)dan diencerkan maka rasanya akan sangat enak dan cocok untuk dicampur dengan sari buah lainnya.Dan cara meminumnya lebih baik diseduh dengan air dingin,atau ditambah es batu agar lebih fresh.Jangan lupa harus dibuat agak kental.Sebab,kalau tidak kental,rasa,manfaat dan khasiatnya tidak ada.

2.Menyembuhkan gejala alergi kronis.
Juga pemulihan kondisi pasien liver dan ginjal,serta memicu peningkatan kekebalan tubuh dan kekuatan antibodi dalam darah.Bahkan,markisa juga mampu menyaring,memisahkan,dan membuang racun dari dalam tubuh.Selain itu,bisa meningkatkan kesegaran kulit tubuh dan merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah.Dari hasil penelitian laboratorium,markisa mengandung vitamin C dosis tinggi dan antioksidan.

6 comments:

Anonymous said...

biar asem tp bnyk kale manfaatnya,siapa yg pgn sehat awet muda yuukk rame2 makan markisa.

Anonymous said...

oke banget..buahnya enak sampe sekarang aku masih nanam buah markisa...enak sii...

Riki (agen herbal) said...

iya gan mantep tuh markisa !!! tapi sayang di daerah saya udah mulai susah !!!

Toko Online Kalistajaya said...

wah mantap..

Anonymous said...

waalaupun kecut '' dikit taapi enaaak dech.............rasaa'a...........

Obat Jerawat Herbal said...

thanks informasinya semoga bermanfaat bagi semua pengunjung!

Post a Comment

 
Theme by New wp themes | Bloggerized by Dhampire